Rabu, 24 Juni 2009

store retail

Pengecer dibedakan dalam syarat macam-macam produk dan pelayanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan, sifat dasar pengecer menggabungkan kepuasan pelanggan. Kadar yang mereka tawarkan menegaskan pelayanan produk dan kepemilikan perusahaan. Bab ini memfokuskan pada penawaran produk dan pelayanan dilingkungan toko. Bab 3 menjelaskan tentang elektronik dan pengecer non toko yang lain yang menjual menggunakan internet dan katalog.

Jenis-jenis pengecer
1 juta US toko pengecer meningkat dari penjualan hotdog kaki lima menjadi perusahaan yang besar seperti Sears yang telah menjadi bagian penting kebudayaan Amerika. Tiap pengecer bertahan dan berhasil dengan memuaskan sekelompok kebutuhan konsumen lebih efektif daripada saingannya.
Sifat dasar pengecer campuran
Karakteristik yang paling dasar dari pengecer adalah pengecer campuran itu sendiri unsur-unsur yang digunakan oleh para pengecer campuran yang sangat berguna untuk mengkasifikasi para pengecer: jenis barang/ keanekaragaman jenis barang, tingkat pelayanan pelanggan, dan harga barang.

Tingkat persaingan antara sesama pengecer berdasarkan jenis dan macam-macam produk yang mereka tawarkan dan pelayanan yang mereka sediakan .
Keanekaragaman jenis dri kategori produk adalah yang para pengecer tawarkan assortment adalah jumlah perbedaan item dalam kategori produk setiap item disebut SKU ( stock keeping unit ).
Bagaimanapun juga pusat perbelanjaan menjual banyak kategori barang-barang yang jenis mainan. Setiap jenis mainan, seperti boneka, pengecer spesialis mainan akan menawarkan keragaman yang lebih ( model, ukuran, merk, dan lain-lain ) daripada pedagang umum seperti toko diskon.

PARA PERITEL MAKANAN
Conventional supermarket
Sebelum tahun 1930, umumnya makanan telah dibeli didekat pasar yang kecil yang diacukan sebagai toko mom and pop karena mereka adalah toko yang dioperasionalkan dan dimiliki oleh keluarga. Kemudian di dalam perkembangannya telah di ganti dengan pelayanan self-service dari supermarket, yang menawarkan dengan harga yang lebih rendah. Perubahan sosial yang terjadi telah membantu dalam mengembangkan supermarket termasuk dalam hal penggunaan mobil, mengembangkan media massa nasional, munculnya merk – merk nasional, terus bertumbuhnya kepuasan konsumen, dan memperbaiki kemasan dan penyimpanan. Perubahan tersebut di buat sehingga dapat memudahkan konsumen untuk pergi ke toko daripada harus menempuh perjalanan yang jauh dari rumah mereka.

Para Peritel Makanan Big-Box
Selama lebih 25 tahun yang lalu, supermarket telah meningkatkan di dalam hal ukuran dan telah memulai menjual berbagai macam barang-barang perdagangan. Pada tahun 1979, supermarket konvensional telah berjumlah sebesar 85 persen diantara penjualan supermarket. Pada tahun 1998 hanya 41 persen diantara penjualan supermarket Amerika Serikat yang supermarket konvensional sehubungan dengan pertumbuhan dari para peritel bentuk Big-Box Food : Superstore, toko kombinasi, warehouse club, dan supercenter.
Superstore merupakan supermarket yang besar (20,000 sampai 50,000 m²). Toko kombinasi merupakan food-based para peritel dari 30,000 sampai 100,000 m² yang lebih dari 25 persen penjualannya berasal dari produk non makanan seperti bunga, kesehatan dan perawatan kecantikan, peralatan dapur, pengembangan film, resep obat, dan penyewaan video.
Supercenter Supercenter merupakan toko dengan luasan sales area 150,000-sampai-200,000-m² yang merupakan kombinasi dari sebuah superstore (sebuah supermarket yang besar) dan discount store. Supercenter merupakan kategori dari retail yang pertumbuhannya paling cepat

Warehouse Club ( klub pergudangan ) – Warehouse club merupakan peritel yang menawarkan bauran produk makanan dan produk umum yang jumlahnya terbatas dengan penyediaan pelayanan yang minim pada harga yang rendah untuk konsumen akhir dan para pebisnis kecil. Toko – tokonya besar (sekitar 100,000 m²) dan terletak di distrik dengan biaya sewa yang rendah. Interior mereka sangat sederhana dan lantai yang lebih tebal.
Convenience Store
Convenience store menyediakan variasi dan bauran produk dengan jumlah yang terbatas pada luasan area 2,000 sampai 3000 m² dengan antrian kasir yang cepat. Convenience store memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian secara cepat, tanpa perlunya mencari di toko besar dan menunggu dalam antrian yang panjang. Lebih dari separuh produk yang di beli langsung di konsumsi kurang dari 30 menit. Disebabkan ukuran convenience store yang kecil dengan penjualan yang relative tinggi, convenience store selalu menerima pesanan setiap harinya.

PERITEL PRODUK UMUM
Tipe utama dari peritel produk umum adalah department store, discount store full-line, toko khas, toko obat, kategori khusus, pusat perbaikan rumah dan peritel potongan harga.
Department Store
Department store merupakan usaha ritel dengan berbagai macam produk dan bauran pemasaran yang bermerk, menawarkan pelayanan, dan produk di susun secara terpisah berdasarkan jenisnya.
Setiap department mempunyai lokasi yang berbeda dalam setiap produknya, sebuah terminal POS yang digunakan untuk bertransaksi dan mencatat penjualan, staf bagian penjualan yang bertugas membantu konsumen

Discount stores
Sebuah discount store full-line merupakan peritel yang menjual berbagai macam produk, jasa yang terbatas, dan harga yang rendah. Mereka menawarkan merk – merk nasional, tetapi merk – merk ini hanya sedikit yang berorientasi pada mode dibandingkan dengan department store.

Toko Khas - Suatu toko khusus tradisional menkonsentrasikan terhadap suatu jumlah pemenuhan kategori barang-barang perdagangan yang terbatas dan menyediakan suatu tingkat pelayanan yang tinggi di dalam suatu area khusus kurang dari 8.000 kaki persegi.

Drugstores – Drugstores ( toko obat-obatan ) adalah toko khusus yang mengkonsentrasikan terhadap kesehatan dan barang-barang perdagangan perawatan pribadi. Farmasi sering kali menyajikan diatas 50 persen diantara penjualan obat-obatan dan suatu persentase yang bahkan lebih besar dari profit mereka.

Kategori Spesialisasi
Merupakan discount store yang menawarkan lebih sedikit variasi produk akan tetapi keanekaragaman yang mendalam terhadap barang-barang perdagangan. Para peritel ini secara dasar adalah toko khusus diskon.
Pusat Perbaikan Rumah
Merupakan salah satu kategori spesialis yang menawarkan peralatan dan perlengkapan yang dapat dikerjakan sendiri ataupun dengan kontrak untuk membuat perbaikan rumah. Hal tersebut memfokuskan terhadap penyediaan material dan informasi yang akan memudahkan konsumen dalam memperbaiki rumahnya.

Pusat Perbaikan Rumah
Merupakan salah satu kategori spesialis yang menawarkan peralatan dan perlengkapan yang dapat dikerjakan sendiri ataupun dengan kontrak untuk membuat perbaikan rumah. Hal tersebut memfokuskan terhadap penyediaan material dan informasi yang akan memudahkan konsumen dalam memperbaiki rumahnya.

Hypermarket
Toko retail yang besar yang menawarkan harga yang lebih rendah. Yang dikombinasikan antara discount store dan peritel makanan superstore dalam satu bangunan seperti gudang.luasan area hypermarket mencapat 300,000 m² lebih besar enam kali dapipada lapangan sepakbola-dan memiliki persediaan lebih dari 50,000 produk yang berbeda. Hypermarket cukup unik dengan ukurannya, batasan biaya yang lebih rendah, dan ukuran bauran produk dari produk umum. Pendapatannya dapat mencapai lebih dari $100 juta per toko.

1 komentar:

  1. ini blog,hebat sekali,tapi belum dikelola dengan baik,karena masih perlu perbaikan,dan harus perbanyak link ke blog yang lain.

    BalasHapus

thaks,telah mampir di blog saya.